KODE IKLAN DFP 1 Penderita Kusta Bisa Sembuh Tanpa Cacat, Asal... - Health Liputan6.com | Brita Liputan 6

Iklan 300x250

Iklan Responsive Atas

Penderita Kusta Bisa Sembuh Tanpa Cacat, Asal... - Health Liputan6.com

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280

Penderita Kusta Bisa Sembuh Tanpa Cacat, Asal...



Liputan6.com, Jakarta Orang yang sakit kusta atau lepra identik dengan kecacatan. Padahal, bila ditemukan sejak dini lalu segera diobati, kusta bisa sembuh tanpa kecacatan.
“Kuncinya peka terhadap gejala kusta, bila kita melihat bercak putih atau merah di tubuh kita dan tidak membaik dengan pengobatan yang sudah dilakukan, maka periksakan ke puskesmas atau rumah sakit manapun agar bisa kita pastikan gejala kusta atau bukan," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Sri Linuwih Susetyo Wardhani Menaldi di kantor Kementerian Kesehatan RI ditulis Rabu (31/1/2018).
Obat kusta disediakan oleh pemerintah secara gratis, sehingga penderita kusta tak perlu membeli. Oleh karena itu yang diperlukan adalah dukungan keluarga terhadap penderita kusta seperti disampaikan wanita yang juga aktif dalam Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini.
“Yang dibutuhkan hanyalah motivasi dan dukungan keluarga dan kepatuhan penderita dalam menjalani pengobatan," kata dokter yang akrab disapa Dini jelang Hari Kusta Sedunia ke-65 diperingati hari Minggu pada pekan terakhir di Januari.
Dini tidak memungkiri penyakit kusta lebih sering ditemukan terlambat karena masyarakat abai pada tanda dan gejalanya. Penting untuk diketahui bahwa penyakit kusta memiliki gejala keberadaan bercak putih atau merah di kulit.
Bercak itu tidak gatal, tidak nyeri tapi mati rasa atau kurang rasa (baal).Biasanya bercak ditemukan di siku, ada juga bercak yang ditemukan sekitar tulang pipi (wajah), telinga, atau bahu (badan).
Selain itu, ada penderita kusta yang menunjukkan gejala berupa bintil kemerahan yang tersebar. Ada pula yang gejalanya kulit sangat kering (tidak berkeringat) dan rambut alis rontok sebagian/seluruhnya.
Sebagian besar penderita pada awalnya tidak merasa terganggu. Meski kadang disertai kesemutan, nyeri sendi dan demam hilang timbul, bila mengalami reaksi.
“Karena tidak merasa sakit, tidak gatal, penderita cenderung abai. Padahal penyakit (kusta) berlangsung terus, berpotensi menularkan dan menimbulkan kecacatan," kata Dini.

Saksikan juga video menarik berikut:



Thanks for reading our article Penderita Kusta Bisa Sembuh Tanpa Cacat, Asal... - Health Liputan6.com. Please share it with responsible.
Sincery Brita Liputan 6
SRC: http://m.liputan6.com/health/read/3244241/penderita-kusta-bisa-sembuh-tanpa-cacat-asal

powered by Blogger Image Poster
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2